Minggu, 06 Juli 2014

Cara Memilih Mesin Cuci Laundry


Mesin cuci yang berkapasitas 7kg untuk menghasilkan cucian yang bersih maksimal hanya diperbolehkan memasukkan pakaian kotor (kondisi kering) sebanyak 5kg saja atau paling ekstrim 6 kg. Kelebihan mesin cuci ini jika dibandingkan dengan mesin cuci bukaan atas (up loading) adalah :
1. Perawatannya tergolong mudah, untuk membersihkan cukup pakai program rinse (bilas) yang sudah ada di panel mesin cuci, semua kotoran yang ada di dalam mesin cuci langsung keluar. Kecuali itu mesin cuci ini tergolong kuat(dynamo tidak mudah panas), mampu bekerja 12 jam non stop (bahkan lebih) sehingga sangat cocok untuk laundry komersial.
2. Rata-rata memerlukan asupan listrik 220 watt waktu angkatan dan waktu spin(peras) setelah angkatan pertama hanya memerlukan kira-kira 60-100 watt.
3. Bisa digunakan untuk mencuci berair panas, namun membutuhkan daya agak tinggi yaitu 2200 watt.
4. Mempunyai rangka yang cukup kokoh, sehingga dalam keaadan tempat yang terbatas bsa ditumpuk 2 susun.

Banyak sekali pilihan merk, tetapi sebenarnya kualitas cucinya tidak jauh beda,yang membedakan hanya dikualitas bahan yang dipakai, semakin mahal yang dipakai, semakin mahal harga mesin cuci biasanya akan semakin bagus bahan yang dipakai (seperti kaca depan lebih tebal, karet seal yang lebih tebal dan bermutu tinggi).

Hal yang perlu diperhatikan yaitu : Disebelah kanan bawah bagian depan dari mesin cuci ini ada saluran pengurasan, yang berfungsi mengeluarkan logam-logam yang masuk ke dasar mesin, seperti : koin, peniti, jarum dll. Sehingga paling tidak 3 hari sekali harus dibuka dan dibersihkan.
Ada beberapa program mesin cuci yang ada di dalam control panel mesin cuci ini, namun yang sering digunakan ada 4 yaitu: COTTON, SINTETIC, WOOL/HANDS WASH & QUICK WASH.
1. COTTON : Program cuci ini digunakan untuk mencuci pakaian dengan tingkat kekotoran diatas normal (sangat kotor), waktu yang diperlukan cukup lama yaitu 1,5 jam

2. SINTETIC : Program cuci ini digunakan untuk mencuci pakaian dengan tingkat kekotoran normal, program inilah yang paling sering dipakai di laundry komersial, waktu yang dibutuhkan hanya 1 jam saja.

3. WOOL/HANDS WASH : Program cuci ini di pergunakan untuk mecuci pakaian dengan jenis kain lembut/tipis, seperti sutra dan sejenisnya, juga bisa dipergunakan untuk laundry jas (non dry cleaning). Perputaran mesin dari program ini sangat lembut, sehngga sangat cocok untuk kain lembut, hasil tidak sangat maksimal apabila digunakan untuk mencuci pakaian jenis katun. Waktu yang dibutuhkan kurang dari 1jam, atau hanya sekitar 45 menit.


4. QUICK WASH : Program cuci ini digunakan untuk mencuci pakaian dengan tingkat kekotoran normal, tetapi berat pakaian dibawah 3kg. Waktu yang diperlukan sangat singkat, yaitu 30 menit.